Kembalikan Keperawanan Hutan Kalimantan !!!

05:04
Jika anda melintasi di perbatasan Kabupaten Melawi
Tepatnya diperbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah awal bulan ini, sejauh mata memandang hanya tampak gundukan bukit gersang tanpa pepohonan.

Puluhan tahun lalu,kawasan ini adalah belantara hutan tropis yang terkenal paling kaya keaneragaman hayati diseluruh dunia.namun,lambat laun keperawanannya tergoyak oleh keserakahan segelintir orang. sehingga yang tersisa hanyalah hamparan padang savanna tanpakesuburan.


Inilah kondisi sebagian tanah Kalimantan 
Khususnya wilayah bekas penguasaan perusahaan yang mengantongi izin usaha pemanafatan hasil hutan kayu (IUPHHK) atau hak pengusaha hutan (HPH).

Dengan dalih telah membayar dana reboisasi (DR), banyak perusahaan yang seenaknya membabat pepohonan tanpa rasa berdosa. Namun, setelah tegakan habis, mereka meninggalkan hutan begitu saja dalam kondisi rusak. Minimnya peremajaan tanaman membuat ekosistem dan habitat hutan berubah, humus semakin berkurang dan tanah pun menjadi gersang.


Sungguh sangat memprihatinkan.hanya segelitir perusahaan yang bersedia melakukan pemuliaan hutan.sebab,meremajakan hutan berarti menyisihkan sebagian keuntungan untuk invesitasi yang tak jelas dari kacamata perusahaan.padahal dari sudut pandang kepentingan global,keberadaan habitat hutan di Indonesia menjadi investasi utama keberlangsungan “paru-paru dunia”

Dan sesungguhnya koservasi hutan tak bias lagi sekedar dilakukan dengan membiarkan hutan tumbuh alamiah, tetapi juga membutuhkan keterlibatan sekaligus keberpihakan manusia.sebab,manusialah yang telah merenggut keperawanan hutan Kalimantan.maka sadarlah sebelum semua musna jagalah hutan Kalimantan Indonesia.

Artikel Terkait

First