Papua dan Budaya Kami

02:59

Culture budaya
Upacara peralihan masa anak-anak hingga dewasa (pendewasaan)
Upacara ini selalu diadakan saat anak-anak disana sudah menginjak dewasa di upacara ini dilakukan pengambilan darah dari punggung laki-laki hingga darahnya mengucur,selain itu ada pula luka yang dilukai dan kembali disembuhkan.

Upacara kematian (suku sentani)
Dimana mayat yang meninggal bukan dikubur melainkan didudukan dengan kaki dan tangannya dilipat kemudian dengan cara mengasapinya akhirnya mayat itu menjadi mummi dan biasanya yang dimumikan adalah kepala suku.


Seni tari rakyat
Tari dibagi menjadi 3 bagian yaitu tarian upacara ,tarian bergembira atau pergaulan (tari mapia, tari yasin ,tari pancar)dan tari tontonan (tari maususu ,pulae,cenderawasih ,yape,tewadar).



Alat musik
Alat musik tradisional papua antara lain tifa,seruling bambu,dan pikon.tifa adalah alat musik yang digunakan oleh penduduk papua saat upacara.tifa sangatlah banyak ada yang tifa sentani,tifa asmat ,tifa blak dan tifa kamoro dan banyak lagi .semuanya itu mempunyai satu tujuan yaitu alat komunikasi ke saudara atau keluarga yang jauh.


Makanan
Makanan utama bagi mereka adalah sagu .sagu dapat diolah kembali menjadi sagu keras biasanya dimakan dengan dicelupkan di air teh atau langsung dimakan selain itu dapat diolah menjadi papeda dengan cara sagu bubuk dicampurkan dengan air mendidih dan diaduk hingga menjadi seperti lem  dan basanya papeda dicampurkan dengan ikan kuah asam (ikan tongkol / ikan kakap).










Artikel Terkait

Previous
Next Post »